KUMITU KONSULTAN – Mengapa aset perlu dikelola? Melacak segala jenis mesin dan aset yang anda miliki akan sangat merepotkan. Sebuah tugas enterprise yang sangat esensial untuk memfasilitasi pengelolaan hardware dan software, ketaatan lisensi, regulasi dan keamanan. Maka dari itu sebuah solusi Aset manajemen yang sukses dapat menghemat tidak hanya uang dan waktu namun juga kesulitan dalam manajemen.

Perkembangan asset management solution di Indonesia masih sangat minim dibandingkan dengan perkembangan solution untuk proses pembelian(Purchasing/procurement) atau penjualan (Order Management). Namun sebenernya  Manajemen aset merupakan salah satu dari solusi yang sangat penting untuk diterapkan dalam sebuah perusahaan.

Menghindari pembelian yang tidak perlu

Dengan menerapkan pengelolaan asset dengan baik maka seluruh asset dapat dikontrol dengan baik, sehingga dapat menghindari pembelian yang tidak perlu. Dalam perusahaan dengan manajemen asset yang buruk akan kesulitan dalam menentukan prioritas untuk pengadaan barang.

Risk Assesment

Risk Assessment adalah metode yang sistematis untuk menentukan apakah suatu kegiatan/aset mempunyai resiko yang dapat diterima atau tidak. Hal ini sangat penting karena membantu menciptakan kesadaran tentang bahaya  dan resiko yang didapatkan dari aset yang dimiliki dengan tujuan untuk mengurangi kemungkinan bahaya dengan menambahkan langkah-langkah pengendalian yang diperlukan dan tindakan pencegahan.

Keamanan

Dengan memanfaatkan asset management solution maka setiap asset yang dimiliki akan terrekam dengan baik, sejak dari pertama kali akuisisi hingga disposal aset tersebut, sehingga resiko kehingalan asset dapat dihindari sebisa mungkin.

Depreciation/ Penyusutan

Penyusutan (Depreciation) merupakan salah satu konsekwensi atas penggunaan aktiva tetap, dimana aktiva tetap akan mengalami ke-aus-an atau penurunan fungsi. Dengan pemanfaatan Aset manajemen solution maka penyusutan asset dapat di lacak dengan mudah.

Kumitu Konsultan siap mendampingi Perusahaan Anda untuk konsultasi dan sertifikasi ISO 55001:2014. Hubungi Kami (klik di sini).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *