KUMITU KONSULTAN – Sistem Manajemen Aset adalah kumpulan proses, dokumen, sumber daya dan sistem pemantauan yang mengarahkan pekerjaan / misi suatu organisasi berkenaan dengan aset dan pemanfaatannya. Standar ISO 55001:2014 dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan standar manajemen aset yang menyediakan pemahaman manajemen aset umum dan sejenisnya, standar ini dapat diimplementasikan secara global dan merubah persepsi bahwa manajemen aset hanya berlaku untuk perusahaan yang memiliki infrastruktur dan aset fisik dalam skala besar.

Standar ini dirancang untuk memberikan pemahaman umum untuk berkomunikasi dengan para pemangku kepentingan bidang keuangan, seperti lembaga obligasi, investor, lembaga kredit dan asuransi. Hal ini dikarenakan ada persyaratan khusus dalam ISO 55001:2014 untuk mengidentifikasi kebutuhan pelaporan keuangan, mempertimbangkan implikasi keuangan dari rencana dan termasuk kinerja keuangan saat melaporkan kinerja.

ISO 55001:2014 Merupakan pedoman  untuk mengembangkan dan mengimplementasi Total Quality Management yang dapat diterapkan pada berbagai jenis atau bentuk organisasi (termasuk organisasi pelayanan publik).

Tujuan mendasar dari standar ini adalah untuk membimbing dan mempengaruhi rancangan kegiatan pengelolaan aset organisasi. Hal ini dicapai dengan melekatkan sejumlah konsep kunci dan prinsip-prinsip dalam kerangka manajemen aset, seperti berikut:

  • Fokus pada nilai aset yang diberikan kepada organisasi dan pemangku kepentingan;
  • Penyelarasan tujuan organisasi ke dalam keputusan teknis dan keuangan;
  • Pentingnya kepemimpinan dan budaya;
  • Jaminan bahwa aset memenuhi fungsi yang dibutuhkan.

Standar ini mengarahkan pemahaman manajemen aset ke arah yang lebih strategis dan financial serta cenderung untuk menambah nilai terutama dalam hal meningkatkan pemahaman tentang manajemen aset untuk khalayak yang lebih luas.

Model Optimalisasi Aset :

Pentingnya Manajemen Aset

Aset merupakan hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan. Banyak perusahaan masih menganggap manajemen aset secara fisik hanyalah sekedar instrumen pengelolaan daftar aset. Realita di lapangan menunjukan banyak kasus yang sebenarnya dimuali dari salah kelola dan salah urus masalah aset, sehingga berdampak kerugian yang tidak sedikit. Optimalisasi sumber daya tidak bisa dilakukan secara maksimal karena tidak teridentifikasi dengan jelasnya manajemen aset, sehingga sulit untuk mengetahui apakah suatu alat produksi sudah saatnya harus diganti atau masih laik untuk dipelihara.

Kumitu Konsultan siap mendampingi Anda dan perusahaan Anda untuk konsultasi dan sertifikasi ISO 55001:2014. Hubungi Kami (klik di sini).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *