KUMITU KONSULTAN – Standar sistem manajemen mutu ISO 9001 menawarkan beragam manfaat bagi sebuah organisasi, berlaku untuk berbagai ukuran perusahaan, atau sektor yang ingin memperbaiki proses manajemen dan operasional internal mereka. Perusahaan yang menerapkan standar ini di seluruh organisasinya, termasuk departemen atau divisi tertentu dari perusahaan, tidak perlu diragikan lagi mutunya.

Manfaat diterapkannya ISO 9001

Manfaat ISO 9001 tidak dilebih-lebihkan. Perusahaan besar dan kecil telah mendapatkan manfaat besar dari penggunaan standar ini dengan menemukan penghematan biaya dan efisiensi. Berikut adalah penjelasan dari enam manfaat utama dan mengapa mereka penting:

Peningkatan kredibilitas dan citra Anda – Karena ISO 9001 adalah standar yang diakui secara internasional, maka menjadi dasar untuk menciptakan sistem manajemen mutu di seluruh dunia, menggantikan banyak persyaratan yang telah dipublikasikan sebelumnya. Ketika perusahaan mencari pemasok, seringkali persyaratan untuk memiliki Sistem Manajemen Mutu berdasarkan ISO 9001 dipertimbangkan. Hal ini terutama terjadi jika Anda bersaing untuk pekerjaan sektor publik di banyak negara. Mencapai sertifikasi ISO 9001 bisa menjadi alat pemasaran yang hebat.

Peningkatan kepuasan pelanggan – Salah satu prinsip manajemen mutu yang menjadi dasar persyaratan ISO 9001 adalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan merencanakan dan mengupayakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Dengan meningkatkan kepuasan pelanggan, Anda akan mempertahankan lebih banyak pelanggan berulang karena pelanggan yang bahagia dan puas adalah kunci untuk menjaga loyalitas pelanggan. Dan pelanggan tersebut menghasilkan tambahan pendapatan.

Integrasi proses yang lebih baik – Dengan melihat keseluruhan interaksi proses melalui pendekatan proses ISO 9001, Anda akan dapat lebih mudah menemukan peningkatan efisiensi dan penghematan biaya. Hal ini dilakukan dengan menghilangkan limbah yang bisa terjadi bila proses dipertahankan tanpa melihat adanya inefisiensi yang bisa timbul selama proses handoff. Alur proses yang lebih baik juga dapat digunakan untuk mendorong efisiensi terhadap kesalahan yang lebih sedikit dan menghasilkan rework, yang dapat meningkatkan penghematan biaya.

Perbaiki bukti Anda untuk pengambilan keputusan – Prinsip manajemen mutu ISO 9001 adalah kebutuhan untuk menggunakan pengambilan keputusan berbasis bukti. Dengan mengemudikan keputusan berdasarkan bukti, bukan pada “firasat”, Anda dapat lebih fokus untuk menerapkan sumber daya ke area yang akan meningkatkan efisiensi dan meningkatkan penghematan biaya dengan sedikit trial and error untuk menemukan keputusan yang tepat. Selain itu, dengan memantau proses yang Anda tingkatkan, Anda akan dapat melihat seberapa banyak peningkatan yang terjadi berdasarkan data.

Menciptakan budaya perbaikan berkelanjutan – Perbaikan terus-menerus adalah prinsip manajemen mutu ketiga ISO 9001. Dengan mengadopsi budaya ini untuk memperbaiki proses dan output organisasi, Anda akan menemukan efisiensi dan penghematan biaya, termasuk penggunaan proses sistematis saat masalah terjadi agar Mengurangi dampak dari masalah dan meningkatkan kecepatan pemulihan. Dengan terus berkembang, meningkat dari tahun ke tahun, perusahaan dapat melihat manfaat berkelanjutan dari hal ini.

Keterlibatan karyawan – Karyawan yang terlibat dalam perbaikan proses kerja mereka adalah karyawan yang lebih bahagia dan lebih terlibat. Siapa yang lebih baik daripada orang-orang yang mengerjakan proses untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki sebaik mungkin, dan untuk membantu menguji dan memajukan perbaikan ini saat diterapkan? Pegawai yang terlibat lebih produktif dan akan membantu perusahaan memperbaiki dan menghemat lebih baik, terutama saat mereka mengerti bagaimana kualitas proses bergantung pada mereka.

Keuntungan menerapkan ISO 9001 lainnya:

  • Meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan yang mengarah pada bisnis yang berulang.
  • Peningkatan pendapatan dan pangsa pasar diperoleh melalui respon yang fleksibel dan cepat terhadap peluang pasar.
  • Integrasi dan penyelarasan proses internal yang akan menghasilkan peningkatan produktivitas dan hasil.
  • Peningkatan kinerja bisnis dan manajemen biaya yang lebih baik.
  • Memberikan kepercayaan kepada pihak yang berkepentingan mengenai konsistensi, efektifitas dan efisiensi organisasi.
  • Meningkatnya kredibilitas dan daya saing di pasaran .Konsistensi dalam pengiriman produk atau layanan Anda.
  • Turunkan biaya dan waktu siklus yang lebih pendek melalui penggunaan sumber daya secara efektif.
  • Peningkatan proses komunikasi, perencanaan dan administrasi.

Kumitu Konsultan siap membantu organisasi Anda menerapkan standar ISO 9001: 2015. Klik di sini untuk mendapat proposal penawaran dari Kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *