KUMITUKONSULTAN.COM – Wanita identik dengan kosmetik, tapi tahukah Anda bagaimana kualitas dan jaminan keselamatan bahan pada produk kosmetik tersebut? Sudah aman? Bagaimana dengan jaminan bahwa tidak ada efek yang membahayakan, apakah Anda sudah menilainya?

Konsumen saat ini menjadi lebih mengerti tentang dampak dari penggunaan kosmetik yang tidak aman. Alergi dan penyakit kulit menjadi dampak yang serius dari penggunaan produk kosmetik yang tidak aman. Bahan-bahan tertentu di dalam kosmetik menjadi komponen yang dapat menyebabkan alergi dan penyakit kulit. Terlebih lagi bahan merkuri disinyalir menyebabkan penyakit kulit serta dapat mempengaruhi gejala gangguan neurosyaraf.

KS1tlV

Dalam industri kosmetik, supply chain management dan kemanan bahan berperan penting dalam menyediakan produk kosmetik yang aman bagi konsumen. Pabrik kosmetik dan distributornya (retailer) wajib memenuhi standar kemanan kosmetik sebagai pemenuhan persyaratan pelanggan.

ISO 22716 adalah standar internasional dalam memberikan panduan terhadap keamanan produk kosmetik. Standar ini disiapkan oleh ISO Technical Committee (TC) 217 Working Group (WG) 6 antara tahun 2002 dan 2006. Hasil perundingan tersebut yaitu Persyaratan Spesifik terhadap Keamanan Produk Kosmetik dengan Implementasi Good Manufacturing Practices (GMP) dan Risk Assessment serta kombinasinya di dalam Sistem Manajemen Mutu.

Standar ISO 22716 mengikuti dari standar GMP yang sama-sama diketahui sebagai panduan praktis di dalam produksi bahan-bahan, dalam hal ini bahan-bahan yang terkait dengan produksi produk kosmetik: Lipstik, Eye Shadow, Blush on, Compact powder, dan lainnya sebagai produk akhir harus dipastikan memenuhi standar ISO 22716 dengan menerapkan Good Manufacturing Practices.

Regulasi Standar internasional  dunia seperti US – FDA, Eropa – European Union (EU), Jepang – Japan Chemical Industry Association (JCIA), Asean – ASEAN Consultative Committee for Standard and Quality (ACCSQ), dan lainnya mengakui bahwa Standar ISO 22716 diakui sebagai standar untuk menerapkan kemanan produk kosmetik bila diperlukan.

Ada 17 persyaratan di dalam ISO 22716 GMP produk kosmetik, antara lain:

  1. Scope
  2. Terminologi dan definisi
  3. Personil
  4. Premises/ Tempat
  5. Equipment
  6. Raw Material and packaging materials
  7. Production
  8. Finished product
  9. Quality control laboratory
  10. Treatment of product that is out of specification
  11. Wastes/ Limbah
  12. Subcontracting
  13. Deviations
  14. Complaints and recall
  15. Change control
  16. Internal Audit
  17. Documentation

Persyaratan spesifik ini mengikuti daripada persyaratan Good Manufacturing Practices setempat atau badan regulasi negara setempat. Dengan demikian implementasi ISO 22716 mencakup sistem GMP, Sistem Manajemen Mutu ISO 9001, dan Risk Assessment keselamatan produk kosmetik.

Standar ini terakhir ditinjau dan dikonfirmasi pada tahun 2017. Oleh karena itu versi ini tetap terkini, sesuai dengan hasil peninjauan standar. ISO 22716:2007 memberikan panduan untuk produksi, pengendalian, penyimpanan dan pengiriman produk kosmetik. Pedoman ini mencakup aspek kualitas produk, namun secara keseluruhan tidak mencakup aspek keselamatan bagi personil yang terlibat di pabrik, juga tidak mencakup aspek perlindungan lingkungan. Pedoman dalam ISO 22716:2007 tidak berlaku untuk kegiatan penelitian dan pengembangan dan distribusi produk jadi.

Hubungi kami jika perusahaan Anda ingin menerapkan standar ISO, sertifikasi ISO, dan training ISO. Klik di sini untuk melihat kontak kami. Atau bisa mengisi formulir permintaan proposal penawaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *