KUMITUKONSULTAN.COM – Beberapa orang menganggap ISO adalah singkatan dari International Standard Organization atau Organisasi Standar Internasional, padahal bukan. Kepanjangan dari ISO sebenarnya yaitu International Organization for Standarzation. Nah, karena kepanjangan itu mempunyai akronim berbeda di beberapa bahasa (dalam bahasa Inggris disingkat IOS, dalam bahasa Perancis disingkat OIN dari Organisation internatiole de normalization). Para pendiri memutuskan untuk menyatukannya ke dalam ISO. ISO berasal dari bahasa isos Yunani, artinya sama. Apa pun negara, apa pun bahasanya, kita selalu ISO.

Apa itu ISO?

Sudah dijelaskan tentang istilah ISO dan kepanjangan ISO. Berikutnya bukan lagi menyoal apa itu ISO, sejarah ISO juga penting untuk kita ketahui.

Sejarah ISO

Pada tahun 1946, delegasi dari 25 negara berkumpul di London. Mereka membahas masa depan standardisasi, dan saat itulah sejarah ISO dimulai. Setahun kemudian, ISO secara resmi menjalankan tugas sebagai organisasi standardisasi internasional. Tepatnya yaitu pada 23 Februari 1947. Setelah Perang Dunia II, para pendiri melihat ISO adalah kunci untuk merekonstruksi dunia.

Tujuan ISO yaitu memfasilitasi koordinasi dan penyatuan standar yang dikembangkan oleh badan anggotanya. Semua anggota ISO mempunyai entitas standardisasi nasional di negara masing-masing. Sejak resmi bertugas, para pendiri memutuskan bahwa ISO akan terbuka kepada setiap negara yang ingin berkolaborasi dengan ISO. Jelas, ISO ingin kolaborasi tersebut dengan hak yang sama dan kewajiban yang sama.

Sampai saat ini, prinsip-prinsip para pendiri ISO masih berlaku. Anggota ISO kini telah berkembang, memasukkan 163 anggota dari hampir setiap negara di dunia. Standardisasi suda berlangsung lama, dan Standar Internasional ISO yang kini mencakup hampir semua aspek pada bisnis dan teknologi akan terus memastikan perubahan positif dalam perkembangan di dunia.

Manfaat ISO

Dengan standar ISO produk dan layanan dijaga kualitas dan keamanannya. ISO mempunyai beberapa manfaat, seperti mengurangi biaya dengan meminimalkan limbah dan kesalahan serta meningkatkan produktivitas. ISO membantu perusahaan mengakses pasar baru, terutama untuk negara-negara berkembang. Yang utama yaitu secara tidak langsung ISO memfasilitasi perdagangan global yang bebas dan adil.

Kumitu Konsultan siap mendampingi Anda dan perusahaan Anda untuk konsultasi dan sertifikasi ISO. Hubungi Kami (klik di sini).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *