KUMITUKONSULTAN.COM – ISO menerbitkan standar pertama yang disebut ISO/R 1:1951. Huruf “R” berarti “rekomendasi”. Standar ini adalah acuan standar untuk pengukuran panjang suhu industri. Kini ISO telah memasuki usia 70 tahun dan telah mempunyai lebih dari 22.000 standar yang mendukung perubahan penting dalam teknologi, lingkungan dan sosial yang terjadi di dunia.

Lihat semua layanan Kumitu Konsultan.

Dari standard-standard Internasional yang diterbitkan oleh ISO, ada 3 standar ISO yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Dilihat dari relevansi antara standar dan kebutuhan organisasi di dunia, standar-standar ini memang tidak bisa dikatakan mewakili masalah dan tantangan pada setiap organisasi. Namun, seperti yang dikatakan oleh Dr Zhang, presiden ISO, mereka siap menyediakan standar yang efisien untuk membantu berbagai masyarakat di seluruh dunia menghadapi tantanan global; perubahan iklim, kelangkaan air, keamanan cyber dan migrasi skala besar. ISO dengan standar-standar yang ada berusaha membuat dunia menjadi lebih baik.

Ada beberapa standar ISO yang populer, seperti sistem manajemen mutu ISO 9001 dan yang terbaru yaitu sistem manajemen kelamatan kerja ISO 45001. Standar populer lainnya bisa dilihat di situsweb ISO. Inilah 3 standar ISO yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, antara lain:

  1. ISO 9001

ISO 9001 adalah standar yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu. Membantu bisnis dan organisasi agar lebih efisien dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Versi standar yang baru, ISO 9001:2015, diluncurkan tahun lalu, menggantikan versi sebelumnya, yaitu ISO 9001:2008.

Standar ini didasarkan pada sejumlah prinsip manajemen mutu, termasuk fokus pelanggan yang kuat, implikasi dan motivasi Top Management, pendekatan proses dan perbaikan berkelanjutan. Menggunakan ISO 9001:2015 membantu memastikan bahwa pelanggan mendapatkan produk dan layanan yang konsisten dan berkualitas, yang pada waktunya membawa banyak manfaat terhadap bisnis.

  1. ISO 14001

ISO 14001:2015 menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen lingkungan dan dapat disertifikasi. Standar ini memetakan kerangka kerja yang dapat diikuti organisasi dan perusahaan untuk menyiapkan sistem manajemen lingkungan yang efektif. ISO 14001:2015 bisa digunakan oleh organisasi manapun terlepas dari aktivitas atau sektornya.

Menggunakan ISO 14001: 2015 dapat memberikan kepastian kepada manajemen perusahaan dan karyawan serta pemangku kepentingan eksternal bahwa dampak lingkungan diukur dan ditingkatkan.

  1. ISO 27001

ISO 27001 menyediakan persyaratan untuk sistem manajemen keamanan informasi (ISMS). Menggunakan ISO 27001 akan membantu organisasi Anda mengelola keamanan aset seperti informasi keuangan, kekayaan intelektual, rincian karyawan atau informasi yang dipercayakan oleh pihak ketiga.

Sistem Manajemen Keamanan Informasi ISO/IEC 27001 adalah pendekatan sistematis untuk mengelola informasi perusahaan yang sensitif sehingga tetap aman, termasuk orang, sistem dan proses TI dengan menerapkan sebuah proses manajemen risiko (risk management process). Membantu usaha kecil, menengah dan besar di sektor manapun dalam menjaga aset informasi tetap aman.

Itulah 3 standar ISO yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Hubungi kami jika Anda dan perusahaan Anda ingin menerapkan standar ISO. Klik di sini untuk mengontak kami atau klik di sini untuk meminta proposal penawaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *