Pertumbuhan bisnis online telah menguntungkan banyak perusahaan di dunia, termasuk di Indonesia. Namun, perkembangan berkelanjutan itu melibatkan risiko.

Bisnis di seluruh dunia, apa pun ukurannya, rentan terhadap serangan hacker. Tujuannya yaitu untuk mencuri data yang bisa dijual di pasar terbuka, kemudian melakukan penipuan. Hacking juga dapat mengganggu sistem dan operasi bisnis, yang dampaknya bisa menghancurkan semua. Waktu dan sumber daya yang dibutuhkan untuk pulih dari serangan, kehilangan data dan kerusakan reputasi perusahaan.

Namun, bukan hanya organisasi besar yang beresiko. Angka-angka menunjukkan bahwa 74% dari usaha kecil mengalami kejahatan di dunia maya (angka yang dilaporkan di 2014/2015).

Bagaimana ISO 27001 melindungi bisnis saya?

Risiko dapat berasal dari berbagai sumber termasuk:

  • Karyawan, tindakan yang disengaja atau tidak disengaja karena kurangnya pemahaman
  • Serangan hacker, pada komputer dan server
  • Phishing, melalui email
  • Kehilangan perangkat keras, seperti laptop atau media yang mudah dihapus (removeable) ada di tangan yang salah
  • Rumah dan ponsel untuk bekerja, yang mengarah ke penurunan tingkat keamanan
  • Infeksi malware

Salah salah satu risiko di atas bisa melumpuhkan organisasi dan menyebabkan kerugian yang mahal dan memakan waktu lama.

Sertifikasi ISO 27001 menyediakan sebuah sistem manajemen keamanan informasi (ISMS) yang efektif yang dapat diimplementasikan di seluruh organisasi.

ISMS secara efektif akan mengidentifikasi potensi risiko dan membentuk proses manajemen yang akan membantu untuk menghilangkan, atau meminimalkan efek dari insiden, ketika itu terjadi.

Sebuah rencana pemulihan dibentuk untuk memastikan organisasi dapat kembali ke “bisnis seperti biasa” secepat mungkin setelah serangan atau kejahatan atau kejadian.

Pemantauan dan perbaikan sistem yang berkelanjutan dilakukan melalui audit tahunan untuk melihat sejauh mana konsistensi setelah Anda mendapat sertifikasi ISO 27001. Hal ini dimaksud untuk mengidentifikasi ancaman baru atau kesenjangan dalam prosedur, juga untuk membantu Anda mempertahankan tingkat perlindungan yang tinggi.

Silakan kontak kami atau isi formulir permintaan proposal jika Anda ingin implementasi dan meraih sertifikat ISO 27001.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *