Oleh: Iguh Rahman, Training & PD Director

KUMITUKONSULTANCOM – Seperti diketahui Sistem Manajemen Lingkungan atau Environmental Management System (EMS) ISO 14001: 2015 dapat berintegrasi dengan Sistem Manajemen Mutu/QMS (Quality Management System) ISO 9001: 2015. Bagaimana cara mengintegrasikannya? Adalah menggunakan konsep High Level Structure (HLS), sebuah konsep bagaimana sistem manajemen standar ISO diintegrasikan dan bagaimana sistem ini dapat menyatu dengan proses bisnis di organisasi.

annex-hls

Sistem HLS atau High Level Structure terdiri atas 10 klausul dengan pendekatan pada prinsip process approach, yaitu proses-proses utama dimming-masing persyaratan ISO menjadi integrasi.

iso-9001-2015-core-elements-pauwels-consulting

Untuk ISO 14001: 2015 beberapa persyaratan yang dapat diintegrasi seperti:

  1. Konteks organisasi dapat diintegrasikan dengan mapping bagaimana organisasi memiliki batasan terhadap pengendalian lingkungan
  2. Risk and opportunities ditunjukan dengan bagaimana environmental life cycle analysis menjadi input didalamnya
  3. Proses management lainnya diintegrasi seperti kebijakan, objective target, KPI, kompetensi pekerja, internal audit dan management review
  4. Program manajemen lingkungan dapat diiintegrasi dengan program pengendalian risiko dan peluang

Pada masa yang akan datang, sistem manajemen lingkungan dan sistem manajemen mutu atau standar ISO lainnya akan lebih menekankan kepada bagaimana masing-masing persyaratan sistem menjadi sebuah kesatuan sistem manajemen organisasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *