Oleh: Iguh Rahman, Training & PD Director

KUMITUKONSULTAN.COM – Persyaratan ISO 14001: 2015 EMS (Environmental Management System) terbaru, yaitu pemenuhan terhadap daur hidup material dan tetap berprinsip pada identifikasi aspek sampai dampak lingkungan.

lca

Environmental Life Cycle adalah daur siklus hidup material atau dengan istilah cradle to grave, raw material -> manufacturing -> packaging -> Distribution -> Use -> Disposal

Environmental Life Cycle membantu bagaimana di dalam proses kegiatan produksi atau servis Anda membuat identifikasi daur siklus hidup material, mulai dari asal bahan material hingga pembuangan material tersebut. Contoh, perusahaan Anda bergerak di distributor kertas HVS, maka life cycle assessment (LCA-Life Cycle Assessment bent penilaian terhadap ELC) adalah sebagai berikut:

Pohon –>  Manufacturing kertas -> Pengepakan kertas -> Pengiriman ke gudang anda -> Penggunaan kertas oleh customer -> reuse atau recycle

Issue baru ini terhadap pemenuhan ISO 14001: 2015 perlu dipahami sebagai mindset, bagaimana kewajiban perusahaan atau organisasi baik perusahaan produksi atau jasa menetapkan komitmen maupun tanggung jawab operasi terhadap perlindungan lingkungan dan konservasi lingkungan.

Penting bagi organisasi menciptakan nilai kepedulian terhadap lingkungan, meskipun perusahaan Anda bukanlah perusahaan yang beroperasi di dalam eksplorasi sumber daya alam, tetapi kontribusi terhadap perlindungan dan konservasi lingkungan menjadi bagian tolak ukur kinerja perusahaan Anda.

Beberapa hal FQA terkait dengan ISO 14001: 2015:

  • Darimana Anda mendapatkan Environmental Life Cycle? Hal ini Anda dapatkan dari identifikasi proses atau kegiatan di tempat kerja Anda. Mulai dari proses bisnis inti Anda hingga proses bisnis yang mendukung perusahaan Anda.
  • Apa bedanya identifikasi aspek-dampak lingkungan (IADL) dengan Environmental Life Cycle? IADL adalah bagian dari persyaratan ISO 14001: 2015, yaitu identifikasi dari proses atau kegiatan yang menggunakan material di dalamnya. Material tersebutlah yang dianalisa untuk ELC.
  • Bagaimana integrasi ISO 14001: 2015 dengan ISO 9001: 2015? IADL, ELC, peraturan lingkungan hidup menjadi  inputan terhadap risk dan opportunities persyaratan ISO 9001: 2015
  • Bagaimana penilaian keberterimaan audit sertifikasi  ISO 14001: 2015? Prinsipnya sama dengan ISO 14001 versi 2004, bukti PDCA system menjadi basis keberterimaan audit sertifikasi dengan penambahan ELC.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *