Oleh: Rizky Saputra, Konsultan

KUMITUKONSULTAN.COM – Tingginya nilai sebuah perusahaan atau organisasi tidak terjadi begitu saja, terdapat beberapa hal yang menyebabkan sebuah perusahaan tersebut memiliki kualitas yang tinggi. Namun sayang, kebanyakan orang masih kurang memahami betapa pentingnya memiliki kualitas dalam sebuah perusahaan. Tingginya nilai kualitas tersebut tidak hanya bergantung kepada jenis perusahaannya saja. Di balik tingginya kualitas suatu barang terdapat beberapa pihak (pegawai) yang bekerja keras dalam meningkatkan kualitas perusahaan. Demi menjaga kualitas manajemen perusahaan ada sebuah sistem yang disebut ISO.

Apakah ISO itu? Bagaimanakah tahapan menjalankannya? Berikut saya sampaikan sedikit mengenai ISO.

ISO adalah sebuah akronim dari International Organization for Standardization. Jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, ISO adalah organisasi penetap standar internasional yang di dalamnya terdiri dari wakil dari setiap badan standarisasi di setiap negara. Standar yang diberikan ISO bermacam-macam, ada ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001. Pada kesempatan kali ini kita akan bahas ISO 9001.

ISO 9001 adalah Quality Management System (QMS), atau sistem penjaminan mutu. Merupakan suatu mekanisme standar yang disusun, disepakati, dan diterapkan oleh suatu organisasi dalam menjalankan aktivitas suatu organisasi.

Sistem ISO 9001 secara detail akan menjelaskan bagaimana perusahaan beroperasi. Bagaimana pekerjaan terlaksana dari satu aktivitas ke aktivitas lain. Penanganan pekerjaan mulai dari customer, input ke dalam masing-masing proses, dan output yang dihasilkan dari setiap proses. Parameter-parameter fisik dari hasil pekerjaan akan menentukan apakah hasil tersebut memenuhi pra-syarat kualitas yang telah ditentukan dan disepakati atau belum.

Dalam meningkatkan mutu sebuah organisasi atau perusahaan, biasanya menggunakan jasa konsultan ISO yang sudah terpercaya. Konsultan ISO 9001 biasanya mempunyai banyak pengalaman dalam membangun dan menerapkan ISO 9001 di berbagai organisasi atau perusahaan. Pengalaman dan pengetahuan dari konsultan akan membangun dan mengimplementasikan sistem manajemen mutu di organisasi dengan cepat, efisien dan efektif. Dalam pelaksanaan konsultasi ISO 9001 terdapat beberapa tahapan, yaitu sebagai berikut:

  1. Tahap pertama, Desain dan Pengembangan Sistem yang terdiri dari aktivitas:
  • Pelatihan Awareness dan Dokumentasi ISO 9001 yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada tim ISO 9001.
  • Fasilitas Pengembangan Dokumentasi Mutu, yang bertujuan untuk memfasilitasi pengembangan dokumen mutu yang terdiri dari: manual mutu, prosedur mutu dan instruksi kerja yang diperlukan dalam menjalankan sistem mutu.
  1. Tahap kedua, Penerapan Sistem yang terdiri dari aktivitas:
  • Sosialisasi Sistem, yang bertujuan untuk memastikan setiap peserta (pelaksana) memahami dan menjalankan sistem mutu yang telah dikembangkan.
  • Pelatihan Audit Internal, yang bertujuan untuk membentuk tim audit internal yang akan memeriksa efektivitas penerapan sistem.
  • Tindakan Koreksi dan Pencegahan, yang bertujuan mendiskusikan setiap masalah dalam penerapan sistem dan menentukan solusinya.
  1. Tahap ketiga, Persiapan Audit Sertifikasi, yang terdiri dari aktivitas:
  • Rapat Tinjauan Manajemen, yang bertujuan untuk memastikan kesiapan dalam menghadapi audit sertifikasi.
  • Pendapingan Audit Sertifikasi, yang bertujuan untuk memastikan konsultan mendampingi dan memberikan pengarahan selama proses audit sertifikasi berlangsung.
  • Tindak Lanjut Audit Sertifikasi, yang bertujuan untuk memastikan pelaksanaan tindakan koreksi yang diperlukan untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001.

Sebuah perusahaan atau organisasi yang telah diaudit dan disertifikasi sebagai perusahaan yang memenuhi syarat-syarat dalam ISO 9001 berhak mencantumkan label “ISO 9001 Certified”. Semoga tahapan-tahapan memakai jasa konsultan ISO 9001 di atas dapat menambah pengetahuan Anda soal ISO dan konsultan ISO. Sebab meningkatkan kualitas mutu perusahaan dapat pula meningkatkan daya saing perusahaan di dunia bisnis.

Hubungi kami Kumitu Konsultan, konsultan ISO yang akan membantu Anda dan organisasi Anda dalam proses konsultasi, pembuatan dokumen, implementasi, training ISO dan proses sertifikasi ISO.

Menemukan suatu masalah dalam sebuah organisasi bukan sesuatu yang perlu disesali atau disayangkan, melainkan disyukuri karena dengan begitu akan selalu ada perbaikan dan terus memperbaiki sehingga menjadi organisasi itu semakin berkualitas”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *