Oleh: Iguh Rahman, Training & PD Director

KUMITUKONSULTAN.COM – Pengembangan QMS (Quality Management System) ISO 9001 Versi Baru atau dikenal dengan ISO 9001: 2015 saat ini telah mengalami evolusi ke dalam dimensi performance, efektivitas dan efisiensi. Para pelaku bisnis saat ini tidak lagi dihadapkan dengan dualisme sistem yang berjalan masing-masing.

Sebagai contoh, yaitu perusahaan warehouse. Dalam menjalankan operasi bisnisnya, perusahaan tersebut berupaya untuk menyediakan mutu penerimaan, penyimpanan dan pengeluaran barang. Tapi ternyata rutinitas pekerjaan yang dilakukan sering berhadapan dengan dokumentasi standar ISO, yang mana segala sesuatunya terikat dengan document standard yang ditetapkan. Seringkali perusahaan dihadapi dengan rigidnya implementasi dokumen ISO yang belum tentu itu efektif  untuk dilakukan.

Kompensasi dari ISO Versi Baru atau ISO 9001: 2015 adalah

menjalankan strategi bisnis dengan prinsip ISO yang masuk ke dalam proses bisnis

Menjalankan strategi bisnis berarti mengukur setiap risiko yang muncul dalam menjalankan kegiatan pekerjaan. Hal ini menjadi perhatian dari ISO dan menjadi alasan revolusi ISO.

kumitukonsultandotcom-evolusi-iso-9001

Tujuan ISO Versi Baru atau ISO 9001: 2015 adalah meningkatkan performance organisasi yang efektif dan efisien dengan proses risk based thinking, sehingga tidak lagi berkutat dengan terlalu banyaknya aspek dokumentasi. Konsekuensi logisnya adalah memungkinkan tidak adanya istilah prosedur kerja. Dengan begitu proses audit oleh Badan Sertifikasi ISO akan menjadi proses yang sulit bagi auditor dalam mencari temuan audit. Dahsyat bukan?

Integrated Management System adalah bagaimana mekanisme organisasi menyatukan sistem-sistem yang ada menjadi konsep yang SATU. Peran Top Management menjadi tolak ukur kesuksesan implementasi ISO 9001: 2015, yaitu bagaimana komitmen Top Management di dalam setiap proses bisnis perusahaan.

kumitukonsultandotcom-pdca-2015

Keterlibatan Top Management lainnya, yaitu bagaimana merumuskan risk and opportunities yang muncul dari identifikasi risk process. Risk and opportunities adalah dua sisi mata uang. Para pebisnis ‘biasa’ akan menyebut itu MASALAH, tapi bagi anda pebisnis sejati akan mengatakan itu PELUANG. Dahsyat bukan?

Jika perusahaan Anda ingin menerapkan ISO 9001 Versi Baru, segera hubungi Kumitu Konsultan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *