Memilih konsultan yang berkualitas bukan suatu tugas yang mudah. Pentingnya mengambil pilihan dan keputusan yang bijak, baik itu lewat top management atau bahkan owner, akan mempengaruhi efisiensi dan efektivitas proses bisnis di perusahaan atau organisasi Anda.

Mengapa perusahaan atau organisasi membutuhkan jasa konsultan?

Sebagian organisasi menyadari bahwa mereka tidak mempunyai keahlian, waktu, pengalaman, atau objektivitas untuk melakukan pekerjaan tanpa bantuan dari luar.

Alasan dasar mengapa perusahaan membutuhkan jasa konsultan:

  • Keahlian

Salah satu alasan paling umum untuk menggunakan jasa konsultan adalah ketika Anda membutuhkan keahlian yang tidak ada di dalam organisasi Anda. Meskipun karyawan Anda mungkin telah dilatih dengan persyaratan sistem manajemen yang dipilih (misalnya, ISO 9001: 2008), mereka mungkin tidak memiliki pengetahuan yang mendalam yang dibutuhkan untuk membangun sistem manajemen sendiri.

  • Waktu

Bahkan jika organisasi Anda mempunyai keahlian, Anda tidak dapat memilih orang yang tepat karena tuntutan bisnis lainnya. Mungkin juga orang yang dimaksud sibuk untuk menyelesaikan tugas-tugas perusahaan.

Memilih menggunakan jasa konsultan dapat membantu perusahaan memecahkan masalah seperti masalah waktu ini. Bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa konsultan dapat menyelesaikan tugas-tugas dengan jangka waktu lebih cepat dari karyawan Anda sendiri. Pengalaman mereka dengan pekerjaan wajib untuk Anda hargai.

Bila Anda mengandalkan jasa konsultan untuk melengkapi sumber daya Anda sendiri, pelatihan harus dilakukan untuk memastikan transfer pengetahuan berlangsung dan organisasi Anda menjadi mandiri.

  • Pengalaman

Seorang konsultan yang telah bekerja dengan banyak organisasi dapat memperoleh banyak pengalaman dalam perencanaan, pengembangan, dan penerapan sistem. Jika staf Anda belum terlibat dalam kegiatan ini, pengalaman konsultan dapat membantu staf Anda. Keputusan yang diambil oleh staf bisa saja adalah keputusan yang salah. Menggunakan jasa konsultan yang berpengalaman meningkatkan peluang dalam menyukseskan proyek di perusahaan Anda.

  • Biaya:

Konsultan mempunyai reputasi yang ‘mahal’. Jika Anda membandingkan tarif per jam konsultan dengan staf di perusahaan Anda, mudah untuk melihat bagaimana kesan ini terbentuk. Namun, biaya konsultan tidak hanya mencakup gaji, tetapi juga manfaat dan biaya lain yang tersembunyi bagi dan untuk perusahaan Anda.

Faktor lain adalah efisiensi konsultan lebih tinggi di bidang keahlian mereka. Menggunakan jasa konsultan dalam jangka panjang untuk pekerjaan khusus adalah keputusan yang bijak.

  • Objektivitas

Seorang konsultan dapat menawarkan pemandangan berisi dan segar untuk sistem manajemen di perusahaan Anda. Tidak peduli seberapa keras orang mencoba untuk obyektif ketika melihat masalah, keterlibatan seluruh karyawan dalam sistem dan budaya di organisasi Anda akan mempengaruhi respon konsultan.

Seorang konsultan dapat memetakan solusi yang mungkin telah benar-benar diabaikan oleh staf Anda sendiri, atau bila hal itu memang benar-benar tidak bisa dilakukan olehnya. Seorang konsultan bahkan dapat membuat rekomendasi yang sama sebagai salah satu yang ditawarkan sebelumnya oleh staf Anda, tapi tentu akan lebih banyak pertimbangan karena kredibilitas konsultan dengan manajemen sebagai ahli luar.

Kumitu Konsultan adalah perusahaan jasa Konsultan Management System & Improvement Profesional yang berpengalaman. Kumitu Konsultan spesialis dalam membantu proses konsultasi, pembuatan dokumen, implementasi, training dan proses sertifikasi bagi organisasi maupun perusahaan yang menginginkan perbaikan dalam proses kegiatannya, serta syarat kelengkapan proses tender.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *