KUMITUKONSULTAN.COM – REVISI ISO 9001

Sistem Manajemen Mutu ISO 9001, sistem manajemen mutu yang utama di dunia, baru-baru ini telah direvisi…

ISO 9001:2015 menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu ketika organisasi:

  1. butuh untuk menunjukkan kemampuannya untuk menyediakan produk secara konsiten dan jasa yang memenuhi pelanggan, serta persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku dan
  2. ingin meningkatkan kepuasan pelanggan lewat penerapan sistem yang efektif, termasuk proses untuk perbaikan sistem dan jaminan kesesuaian terhadap pelanggan, serta persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku.

Prinsip-prinsip manajemen mutu

Standard ISO 9001 didasarkan pada prinsip-prinsip manajemen mutu ISO 9001. Deskripsi dari hal itu termasuk pernyataan masing-masing prinsip, dasar pemikiran mengapa prinsip penting bagi organisasi, beberapa contoh manfaat yang terkait dengan prinsip dan contoh tindakan yang khusus untuk meningkatkan kinerja organisasi ketika menerapkan prinsip.

Prinsip-prinsip manajemen mutu yaitu:

— fokus terhadap pelanggan;

— kepemimpinan;

— keterlibatan orang;

— pendekatan proses;

— perbaikan;

— pengambilan keputusan berdasarkan bukti;

— manajemen hubungan.

Semua persyaratan dari ISO 9001:2015 adalah umum dan dimaksudkan untuk dapat diterapkan di setiap organisasi, terlepas dari tipe atau ukuran, atau produk dan jasa yang tersedia.

Mengapa ISO 9001 direvisi?

Revisi ISO 9001. Semua standard ISO ditinjau setiap lima tahun untuk menentukan apakah revisi diperlukan dan relevan untuk pasar. ISO 9001:2015 dirancang untuk merespon tren terbaru dan kompatibel dengan sistem manajemen lainnya, seperti ISO 14001.

Apa saja perubahan utama pada ISO 9001?

Versi terbaru mengikuti yang baru, struktur level yang lebih tinggi untuk memudahkan digunakan dalam hubungannya dengan standard sistem manajemen lain, dengan pentingnya peningkatan yang diberikan untuk risiko.

Saya bersertifikat ISO 9001:2008. Lalu apa pentingnya revisi ISO 9001 buat saya?

Organisasi diberikan masa transisi selama tiga tahun setelah revisi 9001 diterbitkan, untuk sistem manajemen mutu mereka bermigrasi ke standard edisi baru.

Segera lakukan sertifikasi ISO 9001 di perusahaan Anda dengan mengunjungi halaman permintaan proposal.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *