KUMITUKONSULTAN.COM – Relasi yang baik antarpribadi menjadi kunci utama dalam menjalin dan melakukan kerja sama bisnis. Apalagi bila kerja sama yang dilakukan masih terbilang baru dan untuk pertama kalinya. Dengan membangun hubungan yang baik, sekalipun dengan calon customer, tentu kita akan mendapatkan beberapa manfaat, misal membuka peluang bisnis dengan relasi dari customer. Namun ada yang lebih penting, yaitu kepercayaan customer.

Sebagaimana membuat orang lain percaya, hal ini tidak mudah dilakukan. Begitu juga mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Ingat, pelanggan bukan hanya sebagai target bisnis. Menjalin kerja sama dan hubungan yang baik dengan pelanggan, ini jauh lebih penting. Bukankah menjalin pertemanan lebih sulit daripada melihat peluang bisnis?

Oleh karena itu, ada baiknya kita perlu menjalin kerja sama yang baik dengan customer. Bagaimana caranya, berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan terhadap customer Anda:

Kenali customer sampai detail

Dalam melakukan kerja sama, sudah seharusnya Anda mencari tahu informasi tentang customer Anda. Carilah informasi sampai detail, jangan sampai ada yang terlewat, sebab hal ini akan membantu Anda dalam merekatkan hubungan dengan customer. Misal bagaimana sikapnya, apa yang membikin customer terhibur, hobinya, atau hal-hal yang disukai. Hingga hubungan antarpersonal tidak terlalu kaku, namun kerja sama bisnis pun tetap berlanjut dan memiliki tujuan yang jelas.

Jadikan customer tidak hanya sebagai rekan bisnis, tapi juga teman.

Setelah mengenali customer sampai detail, hal kedua yang dilakukan adalah menjadikannya tidak hanya sebagai rekan bisnis, tapi juga teman. Mengapa harus berteman?

Dunia bisnis menuntut orang-orang yang ada di dalamnya untuk mempertahankan dan memperluas relasi. Menjadikan customer sebagai teman merupakan salah satu cara yang efektif untuk melakukan hal tersebut.

Maintenance bussiness relationship

Hubungan bisnis yang telah dijalin harus dipertahankan, bagaimanapun caranya. Menjaga supaya hubungan bisnis tetap berlangsung bisa dilakukan dengan cara melakukan rapat di luar kantor sambil mentraktir customer makan siang. Ini penting, sebab tidak semua orang melakukannya.

Berikan pelayanan terbaik

Jika ketiga hal di atas sudah sanggup Anda lakukan, maka usaha yang berkelanjutan adalah terus memberikan pelayanan terbaik kepada customer. Banyak macamnya, misal menawarkan kemudahan terhadap customer dalam melakukan kerja sama yang lain.

Banyak cara menjalin kerja sama yang baik dengan customer. Empat poin di atas paling tidak mewakili cara-cara yang mungkin sukar dimengerti. Atau Anda ingin menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001? Silakan kunjungi laman permintaan proposal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *