KUMITUKONSULTAN.COM – BEKERJA DENGAN GEMBIRA, CARA AMPUH MENGUSIR STRES

Bila hidup selalu mengikuti target kerja, waktu akan terus tersita untuk pekerjaan. Bahkan tak jarang waktu untuk bersantai di rumah, justru terpakai untuk berkutat dengan pekerjaan yang belum selesai. Hal-hal seperti ini rentan mendatangkan stres.

Tapi ada cara ampuh mengusir stres. Meski kita bekerja lebih dari 12 jam, atau hari libur yang dipakai untuk bekerja. Salah satu caranya, yaitu bekerja dengan gembira. Bagaimana cara bekerja dengan gembira?

Sederhana. Bekerja dengan gembira adalah upaya seorang pekerja untuk tetap bisa produktif tanpa perlu terbebani pekerjaan. Nah, sebagai cara ampuh mengusir stres, berikut mekanisme bekerja dengan gembira:

Berhenti mengeluh

Pekerjaan seberat apa pun akan terasa ringan bila dikerjakan dengan gembira. Sebaliknya, pekerjaan seringan apa pun akan terasa berat jika dikerjakan dengan mengeluh. Jika Anda tak ingin stres, berhentilah mengeluh. Lakukan setiap pekerjaan dengan sungguh-sungguh. Karena pekerjaan yang dilakukan dengan gembira dan sungguh-sungguh akan membikin hati dan pikiran tenang, serta ampuh mengusir stres.

Jangan jadikan pekerjaan sebagai beban

Pada hakikatnya, pekerjaan adalah kewajiban, bukan suatu beban. Kendati beban bagian dari kewajiban, lain hal dengan pekerjaan. Sebab ada hasil yang didapat ketika seorang bekerja, baik ilmu maupun honorarium.

Dengan tidak menjadikan pekerjaan sebagai beban, maka hilang satu hambatan produktivitas kerja. Selain itu, pekerjaan juga akan terasa lebih ringan. Tidak menambah pikiran, apalagi sampai stres.

Berkomunikasi dengan rekan kerja (bila ada)

Berkomunikasi sangat baik dalam memecahkan kebekuan pikiran. Jika mempunyai rekan kerja, luangkan waktu untuk berkomunikasi dengannya. Baik ketika sedang bekerja maupun jam istirahat makan siang. Bila Anda merasa ada pekerjaan yang terasa sulit, jangan ragu meminta bantuan darinya. Dan bila Anda bekerja sendiri, berkomunikasilah dengan diri dan pekerjaan Anda, dengan cara berusaha memahami pekerjaan itu kemudian mengerjakannya dengan sungguh-sungguh.

Tidak hanya akan mengusir stres, bahkan hal ini dapat membantu Anda dalam mengerjakan setiap pekerjaan.

Tetap berpikir positif

Percayalah bahwa setiap pekerjaan yang dilakukan memiliki nilai positif. Bagaimanapun hasilnya, berpikir positif memacu diri untuk terus produktif bekerja tanpa terbebani pekerjaan yang telah diselesaikan. Bila ada kesalahan, segera perbaiki, tidak perlu sampai khawatir dan dipikirkan lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *