KUMITUKONSULTAN.COM – Banyak perusahaan menerapkan konsep kerja secara tim, atau diartikan sebagai gabungan beberapa individu dari berbagai departemen. Dewasa ini, dalam prakteknya, banyak pekerjaan yang lebih efektif dilakukan oleh suatu tim daripada dilakukan secara individual. Pertanyaannya, bagaimana cara mengoptimalkan kerja tim tersebut?

Hal ini sebetulnya tidak terlalu sulit dilakukan, tapi juga tidak bisa dikatakan mudah sekadar diniatkan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan mengapa hal ini bisa terjadi, salah satu yang paling fatal yaitu berasal dari internal tim. Oleh karena itu, kerja tim adalah melakukan suatu pekerjaan yang menitikberatkan kerja sama, bukan kepentingan individu semata.

Cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan kerja tim, antara lain:

  1. Menentukan tujuan kerja dengan jelas

Dalam melakukan pekerjaan, seseorang perlu tahu tujuan dari apa yang dikerjakannya. Begitu juga dengan kerja tim, seluruh anggota perlu menentukan tujuan kerja yang jelas, sehingga ketika tim sudah dibentuk dan pekerjaan tengah dilakukan, masing-masing anggota tidak bingung oleh sistem kerja tim tersebut.

Pada waktunya, ketika pekerjaan sudah selesai dilakukan, seluruh anggota tim pun dapat merasakan hal yang sama: bahagia.

  1. Menghargai job desk masing-masing

Mengapa antaranggota dalam tim perlu menghargai job desk satu dengan yang lain? Sederhana saja, semua karena dari awal pembentukan tim dan pembagian job desk, masing-masing anggota sudah harus bersepakat untuk menerima pekerjaan tersebut. Sebab rasa iri selalu bisa muncul ketika, misal, salah satu anggota merasa senang dalam melakukan pekerjaannya.

Menghargai job desk yang telah disepakati tidak serta-merta memaksa diri menonjolkan kemampuan. Hanya saja dengan menghargai pekerjaan orang lain, paling tidak kita jadi bisa fokus terhadap kelebihan dan kekurangan kita dalam bekerja. Yang lebih penting, yakni hal itu bisa mengoptimalkan kerja tim tanpa ada dikotomi apalagi rasa iri antarindividu.

  1. Saling membantu bila ada kesulitan kerja

Dalam konsep kerja tim, meski masing-masing orang sudah mendapat job desk, kita diminta membantu sesama anggota yang merasa kesulitan dalam bekerja. Hal ini tentu untuk memudahkan tim dalam mencapai target dan hasil kerja yang maksimal. Membuat waktu menjadi lebih efisien, bahkan cenderung bijak buat dilakukan bersama-sama.

  1. Tidak mencari kesalahan, tapi berusaha menciptakan solusi

Ada kalanya dalam bekerja secara tim kita menemukan berbagai macam hambatan. Bahkan bisa saja hal itu seketika membikin kerja menjadi mandek, dan beberapa orang dalam tim merasa stuck berpikir. Mencari kesalahan bukanlah cara terbaik jika hal itu terjadi. Tapi berusaha menciptakan solusi sebagai upaya memecahkan masalah yang dihadapi, inilah satu-satunya pilihan paling bijak dalam kerja tim.

  1. Menjaga komunikasi agar tim tetap solid dan kerja terus baik

Sukses dan tidaknya pekerjaan yang dilakukan oleh suatu tim tidak terlepas dari bagaimana cara setiap individunya berkomunikasi. Kadang kita bisa saja ngotot dengan keputusan yang kita pilih, merasa pekerjaan sendiri yang paling benar, sementara hal itu bukanlah inti dari kerja tim. Inti dari kerja tim adalah komitmen dalam mencapai target dan hasil yang maksimal, kuncinya ya tidak lain adalah kerja sama seluruh anggota.

Menjaga komunikasi, selain agar tim tetap solid dan kerja terus baik, hal ini bisa menumbuhkan hubungan internal kerja menjadi lebih harmonis. Bekerja nyaman, pekerjaan pun bisa dilakukan tim secara optimal.

KUMITU KONSULTAN akan membantu perusahaan Anda dalam mengoptimalkan kerja tim. Silakan hubungi kami:

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *