KUMITUKONSULTAN.COM – ISO 14001 adalah standar sistem yang diakui secara internasional untuk sistem manajemen pengelolaan lingkungan. ISO 14001 mengatur kontrol untuk kegiatan-kegiatan dalam proses bisnis perusahaan yang memiliki dampak terhadap lingkungan. Kontrol tersebut meliputi penggunaan sumber daya alam, penanganan dan pengolahan limbah, dan konsumsi energi.

Sistem manajemen lingkungan (EMS) adalah struktur elemen terhubung yang menentukan bagaimana sebuah organisasi/perusahaan mengelola dampak lingkungan. Unsur-unsur ini meliputi kebijakan, struktur organisasi/perusahaan, prosedur, tujuan dan sasaran, dan proses yang telah ditentukan.

Menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan merupakan cara yang sistematis untuk sistem pengendalian dari proses bisnis perusahaan yang bisa berdampak pada lingkungan.

Dengan menerapkan ISO 14001, maka banyak manfaat yang bisa diambil, diantaranya yaitu:

  1. Jaminan terhadap perlindungan lingkungan.
  2. Sistem tata kelola lingkungan yang lebih baik.
  3. Meningkatkan citra dan pandangan terhadap perusahaan, serta meningkatkan hubungan yang lebih baik dengan masyarakat sekitar.
  4. Kepercayaan dan kepuasan pelanggan.
  5. Menekan risiko yang membahayakan lingkungan dan pekerja, dll.

Sebelum menerapkan ISO 14001, langkah awal yang harus dilakukan adalah mengevaluasi pengaruh proses bisnis perusahaan terhadap lingkungan, kemudian memprioritaskan cara mengurangi dampak tersebut. Selanjutnya, mengidentifikasi batas-batas sistem manajemen dan menyusun dokumen prosedur sesuai persyaratan ISO 14001.

Apakah sistem manajemen ISO 14001 bisa diintegrasikan dengan sistem ISO 9001?

Sangat bisa. Karena ISO 14001 adalah sistem manajemen yang dinamis. Sistem manajemn yang dapat diintegrasikan bersama sistem manajemen mutu ISO 9001, OHSAS 18001, dan dapat disesuaikan dengan perubahan organisasi dan industri, baik perubahan peraturan atau perundangan yang berlaku maupun perubahan ilmu dan teknologi. Minta proposal penawaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *